Wednesday, January 14, 2015
7 Hal Paling Menyebalkan dari Online Shop di Instagram Versi Asa
1. Spam Dengan Komentar Gak Penting
"Cek IG kita kakaaaak, ada tas lucu, sepatu lucu, cowok lucu, dedek lucu, kakak lucu."Menurut aku, hal kayak gini gak perlu dilakukan. Spam komentar di foto orang, istilahnya jadi seperti ngiklan gratis di akun orang. Mengganggu pula.
2. Akun Instagram Di-Protect
Akun Instagram diprotect alias digembok alias gak bisa dilihat kalau gak follow.Udah spam komen, pas di-visit instagramnya diprotect. Ini mau jualan, atau mau banyak-banyakan nambahin followers sih? :(
Karena hal kayak gini menyebalkan buat aku, kadang kadang aku follow, lihat lihat sebentar terus aku unfollow lagi dan gak akan pernah follow lagi selamanya. Mang enak :p
3. Shoutout of Shoutout Atau Biasa Disebut dengan SFS
Awal mulanya, aku juga gak paham sama SFS ini, artinya apaan. Ternyata bahasa ringannya, SFS ini ngiklanin online shop lain di akun online shop milik kita. Tapi, syaratnya harus timbal balik, jadi ketika OS si A mempromosikan barang dagangan OS si B, maka si A juga harus mempromosikan OS si B dalam waktu yang bersamaan. Mereka pun punya peraturan masing-masing ternyata. Ada yang foto dagangan orang lain dipertahankan sampai satu hari, dua hari, bahkan hanya ada yang satu jam saja. Eh, kalau uploadnya gak barengan (misal ada yang telat) didenda dengan gak boleh menghapus foto dagangan orang sampai beberapa jam kedepan (biasanya sudah deal dengan denda dari awal)
Aku juga punya online shop, tapi karena aku juga sering belanja online, sebagai pelanggan, aku merasa terganggu kalau follow online shop yang suka mempromosikan dagangan orang lain. Kalau cuma satu gak masalah, ini biasanya ada 20 foto barang online shop lain dalam satu jam yang berkeliaran di home instagramku. Alasan mereka ngelakuin SFS? Entah, mungkin biar penjualan naik. Menurutku, rezeki itu sudah ada yang atur. Tidak perlu memaksakan diri apalagi dengan merugikan dan membuat orang lain tidak nyaman. Berusahalah semampumu, lakukan yang terbaik untuk online shopmu, niscaya rezeki akan datang.
Ada beberapa online shop yang aku kecewa banget sama mereka. Tadinya gak pernah SFS tiba-tiba ikut SFS dengan brutal. Brutal. BRUTAL.
4. Suka Black List Pelanggan.
Tahukan kalau pelanggan adalah 'raja'? Kalau di instagram sekarang sih gak ada istilah gitu kayaknya. Istilahnya sekarang, yang jualan yang raja hehehe.
Sering sekali lihat ada akun online shop di instagram yang nulis "Hit and Run=Black List" maksudnya adalah kalau sudah banyak tanya tapi gak beli, bakal di-black list atau enggak dilayani lagi. Emmm, coba kamu bayangkan kamu punya toko, ada satu orang datang ke tokomu, tanya barang daganganmu, lalu dia menimbang-nimbang dan gak memutuskan untuk beli dan pulang. Besok harinya dia datang lagi dan kamu bilang ke dia, kalau tokomu tidak akan melayani dia lagi karena kemarin hanya tanya-tanya. Logis? Enggak.
Bahkan Iby pernah cerita, dia ngechat salah satu online shop yang jual kosmetik, setelah tanya banyak hal, iby memutuskan buat mikir lagi beli kosmetiknya. Alhasil chat terakhir dari penjual itu hanya di-read sama iby. Tapi besok harinya, si penjual langsung chat lagi, "kok cuma di-read chatnya?"Ini penjual macam apa? Dengar ceritanya saja rasanya kesal. Rrrrrr.
5. Hanya Melayani Chat dari Pelanggan yang Sesuai Format Order
(misal format order seperti ini: isi nama, jumlah pesanan, alamat, mau transfer ke bank apa) tanpa menyertakan bahan atau keterangan lebih lanjut tentang barangan dagangannya di foto.Kalau begitu apa iya kita langsung bisa beli? Setiap pelanggan kadang harus tanya dulu 'kan? Masa gak boleh? Masa tiba2 langsung ngomong mau beli aja?
6. Gak Ngasih Resi Kecuali Barang Gak Sampai Setelah 3 Hari.
Ini maksudnya gimana? Resi adalah hak pelanggan, seberapa banyak pun kamu kirim barang, resi itu WAJIB hukumnya untuk dikasih ke pelanggan.
7. Mengupload Resi di Instagram.
Ini gak sopan banget menurutku. Bukan upload resi yang di foto lho ya, tapi benar-benar nomor resinya di-share. Memangnya, pelanggan selalu harus pantengin Instagram Online shop tertentu untuk tahu resinya? Memangnya serepot apa sih memberitahukan resi kepada pelanggan secara personal?
Tujuh hal di atas itu pernah aku alami, bukan hanya saat belanja online, tapi beberapa pemilik akun online shop yang aku kenal juga sering seperti itu, dan menurutku sangat menyebalkan (Ini menurutku sih, gak tahu kalau menurut orang lain). Aku harap kalian yang membaca ini, jika suatu hari punya Online Shop dan bikin akun di Instagram, jangan begini yaaaa, jadilah penjual yang menyenangkan. Jadi ambisius untuk dapat banyak uang boleh, tapi jangan sampai mengganggu orang lain. Jadilah penjual yang sopan dan melayani pelanggan dengan sangat baik. Jangan annoying dan menganggap hal-hal yang mengganggu pelanggan adalah hal yang wajar.
Kalau menurut kamu, hal menyebalkan lain dari online shop di Instagram, apa? :)
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
ahahaa.. udah disebutin semuaa..
ReplyDeletesalam kenal asa.. :)
Hai kak, jangan cek IG kita, ��
ReplyDeleteBaru coba ngelapak di Ig, penasaran ama sfs lalu terdampar dimari �� baca sampe bawah katanya jangan lgsg close tab��
Saya sebagai olshop di ig juga agak risih klo post ku di commen cek ig kita sist......... ��
Aku seringnya cuma tinggalin love di TL aja ��
Alhamdulillah orderan tiap hari ada . Aku banyakin following bukan follower. ��
Ada sebagian buyer juga yg ga jd follower IG
Bener bangeeeet
ReplyDeleteExcellent weblog right here! Also your web site a lot up fast!
ReplyDeleteWhat web host are you using? Can I am getting your associate link on your
host? I want my site loaded up as fast as yours lol
Feel free to surf to my site ... diskon
Hahaha, bener bener.
ReplyDeleteArtikelnya bagus, bisa jadi masukan, secara saya baru aktif di ig.
Thanks yaa
benerrrr banget ini semua baru aku mau nulis beginian udah nemu artikelnya hahaahahaha
ReplyDelete